TIPS & TRIK MENGHADAPI PERTANDINGAN

Saya memiliki beberapa atlet yang menurut saya baik dalam hal performa dan eksekusi teknik yang sangat baik pada saat latihan. Tapi, mengapa pada saat pertandingan. Tiba-tiba ia tampak seperti atlet pemula yang terkadang bingung harus melakukan apa ?. Inilah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan hampir banyak pelatih !

Saat mengikuti sebuah pertandingan olahraga tentunya kita ingin supaya kita bisa menampilkan semaksimal mungkin kemampuan kita. Tentunya tidak mudah untuk melakukan hal tersebut. Ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang dalam setiap pertandingan, yaitu faktor fisik dan faktor mental. Lalu bagaimanakah mengantisipasinya. Kondisi fisik merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Dengan kondisi fisik yang baik tentunya kita akan lebih mudah untuk mendapatkan prestasi dalam olahraga, sedangkan kondisi fisik yang buruk akan dapat merusak penampilan kita dalam setiap pertandingan. Banyak sekali orang di luar sana yang ingin memaksimalkan penampilannya  dengan cara-cara yang kurang benar. misalnya megkonsumsi makan-makanan sesaat sebelum bertanding, misalnya : telur, minuman energi dan lain-lain.

Sebenarnya mereka mempunyai tujuan yang benar yaitu ingin menyimpan dan bertujuan untuk mendapatkan energi yang besar saat bertanding sehingga mereka dapat tampil dengan maksimal. Makanan seperti telur merupakan sumber protein, tentunya protein yang masuk dalam tubuh tidak akan dicerna dengan cepat, untuk mencernanya pun dibutuhkan energi yang tersimpan dalam tubuh.  Jika semakin banyak mengkonsumsi makanan sebelum pertandingan maka sesaat tubuh akan terasah letih atau lemas dan mengantuk. karena energi yang seharusnya digunakan untuk bertanding malah digunakan untuk mencerna makanan. oleh karena itu biasanya saat kita kekenyangan saat makan kita cenderung merasa ngantuk karena energi seharusnya dikirim ke otak sebagian digunakan untuk proses pencernaan. Tapi saat kita bangun kita akan merasa lebih segar dan semangat.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kondisi seperti ini dapat dilakukan melalui beberapa cara diantaranya adalah sebagai berikut :

Tetapkan Tujuan

Tujuan yang jelas membantu untuk mengukur keberhasilan,  tetapi tujuan yang terlalu tinggi dapat membuat Anda kewalahan dan tidak yakin pada kemampuan Anda. Pilih tujuan yang dapat dicapai tetapi menantang, dan bila mungkin, memecah tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan serangkaian tujuan jangka pendek.

Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi sangat membantu untuk mengurangi gejala fisik dari kecemasan seperti peningkatan denyut jantung, otot tegang dan pernapasan cepat dan dangkal. Teknik ini dapat digunakan setiap saat menjelang pertandingan atau kompetisi.

Selain melakukan beberapa tips di atas, yang tidak kalah penting untuk bisa menghilangkan rasa takut, gugup dan khawatir saat bermain adalah dengan meningkatkan mentalitas Anda. Saat mental Anda kuat, Anda akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan rasa percaya diri, Anda dapat menghilangkan semua hal yang menghalangi Anda untuk menjadi pemenang, termasuk perasaan takut, gelisah maupun khawatir saat bermain.

Mengembangkan Kepercayaan Diri

Hal ini dapat sulit untuk membayangkan menjadi percaya diri dalam kompetisi jika Anda biasanya runtuh di bawah tekanan. Namun, Anda dapat mengambil langkah nyata untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri. Fokus pada kesuksesan masa lalu bukan kegagalan.

Fokus pada hal yang dapat anda kontrol

Jika Anda menemukan diri Anda khawatir tentang siapa yang dikerumunan mengamati anda, atau bahwa pesaing lainnya lebih baik dari Anda, mengingatkan diri Anda bahwa ini adalah aspek kompetisi yang di luar kendali Anda. Apa yang dapat mengendalikan adalah penampilan Anda sendiri, seberapa baik anda siap menghadapi kompetisi atau pertandingan.

Berdo’a

Berdo’a adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan dalam rangka mengurangi rasa gugup di pertandingan atau sebuah kompetisi. Serahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa mengenai hasil pertandingan, yang harus diyakini bahwa Tuhan selalu memberikan hasil yang terbaik bagi kita. Kalah atau menang dalam suatu pertandingan adalah hal yang biasa.

Please share & like us :